Senin, 23 Februari 2015

Contoh KTI BAB 2 ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB II
ANALISIS DAN PEMBAHASAN
            Pada bab ini analisis dan pembahasan ini dijelaskan mengenai (1) Pengertian budaya asing, (2) Faktor-faktor masuknya budaya asing yang dapat mempengaruhi prilaku siswa SMP Negeri 20 Malang, (3) Pengaruh positif dan negatif budaya asing terhadap perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang, (4) macam-macam budaya asing yang diminati siswa SMP Negeri 20 Malang, (5) alasan siswa SMP Negeri 20 Malang lebih memilih budaya asing, (6) perubahan perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang akibat budaya asing, (7) upaya yang dapat dilakukan untuk menyikapi dampak negatif budaya asing, (8) contoh perilaku siswa SMP Neeri 20 Malang yang cenderung meniru budaya asing, (9) Hasil analisis angket tentang “PENGARUH BUDAYA ASING BAGI PERILAKU SISWA SMP NEGERI 20 MALANG”.


2.1 Pengertian Budaya Asing
            Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi/akal) diartikan sebagai hal hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam Bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture yang berasal dari kata latin colere, yaitu mengolah atau mengerjakan.
            Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh sebuah kelompok dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem adat istiadat, bahasa, pakaian, bangunan, karyaseni, agama dan, politik. Bahasa juga merupakan suatu budaya yan merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan perbedaannya, membuktikan bahwa budaya tersebut dipelajari.
            Budaya bersifat kompleks, abstrak dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan prilaku komunikatif. Kebudayaan sangat erat hubungan dengan masyarakat, segaa sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.
            Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari hari, kebudayaan itu berrsifat abstrak.
            Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda benda yang diciptakan oleh manusia sebagai mahluk yang berbudaya, berupa prilaku dan benda benda yang bersifat nyata, misalnya pola pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni dll, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
            Berdasarkan wujudnya tersebut, kebudayaan dapat digolongkan atas dua komponen utama

2.1.1 Kebudayaan Material
            Kebudayaan material mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata, konkret. Termasuk dalam kebudayaan material ini adalah temuan-temuan yang dihasilkan dari suatu penggalian arkeologi : mangkuk tanah liat,  senjata, perhiasan, dst. Kebudayaan material juga mencakup barang barang seperti televisi, pesawat terbang, stadion olahraga, pakaian, gedung pencakar langit, dan mesin cuci.

2.1.2 Kebudayaan Nonmaterial
            Kebudayaan nonmaterial adalah ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi, misalnya berupa dongeng, ceritarakyat, lagu dan tarian tradisional.
            Perubahan kebudayaan adalah sebuah gejala berubahnya pola budaya daam suatu masyarakat. Perubahan budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan. Perubahan sosial budaya juga dapat terjadi bila sebuah kebudayaan melakukan kontak dengan kebudayaan asing atau keleburan dengan budaya asing
            Pengertian Kebudayaan Menurut para ahli Barat :
            C. Klukhohn dan W.H Kelly menyatakan kebudayaan adalah sebagai hasil tanya jawab dari para ahli antropologi, sejarah, hukum, psychologi, yang implisit dan eksplisit, rasional, irasional terdapat pada setiap waktu sebagai pedoman yang potensial bagi tingkah laku manusia.
            Melville J. Herskovits menedefinisikan kebudayaan sebagai “man made part of the environtment” (Bagian dari lingkungan buatan manusia).
            J.P.H. Dryvendak mengatakan bahwa kebudayaan adalah kumpulan dari cetusan jiwa manusia sebagai yang beranekaragam berlaku dalam suatu masyarakat tertentu.
            Ralph Linton seorang antropologi Amerika menyatakan kebudayaan adalah “Man’s social heredity” (sifat sosial manusia yang temurun).
            M. Jacobs dan B.J Stern menyatakan kebudayaan mencakup keseruhan yang meliputi bentuk teknologi sosial, ideologi, religi, dan kesenian serta benda yang semuanya merupakan warisan sosial.
            Dr. K. Kupper mengemukakan kebudayaan adalah sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengaruh bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.
            William H. Haviland mengatakan kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat diterima oleh semua masyarakat.
            Francis merill pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial. Semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seorang sebagai anggota suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis.
            Bounded et.al merupakan sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol simbol tertentu,  misalnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mangalihkan keyakinan budaya budaya antara para anggota suatu masyarakat. Pesan pesan tentang kebudayaan yang diharapkan dapat ditemukan didalam media pemerintahan, institusi agama, sistem pendidikan semacam itu.
            Robert H Lowie merupakan segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat-istiadartistik, kebiasaan makan, keahlian yang diperoleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkanmerupakan warisan masa lampau yang didapat melalui pendidikan formaln dan informal
            Pengertian Kebudayaan menurut para ahli Indonesia
            Prof. Dr. Koentjaraningrat menyatakan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan manusia dari kelakuan dan hasil kelakuan yang harus didapatnya dengan belajar dan yang semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.
            Sultan Takdir Alisyahbana mengatakn kebudayaan adalah manifesti dari cara berfikir.
            Mangunsarkoro, kebudayaan adalah segala yang bersifat hasil kerja jiwa manusia dalam arti seluas-luasnya.
            Drs. Sidi Gazaltha, kebudayaan adalah cara berpikir dan merasa menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari golongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruangan dan suatu waktu.
            Ki Hajar Dewantara, kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran dalam hidup dan penghidupan guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.
            Arkeolog. R. Soekmono, kebudayaan adalah keseluruhan hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa pikiran dan dalam hidup.
            Prof. M.M. djodjodiguno dalam buku “Asas-asas sosiologi(1958)”, kebudayaan/budaya adalah daya dari budi, yang berupa cipta, rasa, dan karsa.
Cipta   : Ilmu pengetahuan yang bersumber dari pengalaman lahir dan batin.
Karsa   : Norma-norma keagamaan/kepercayaan, yang bersumber dari “sangkan                    (lahir) dan paran (mati)”.
Rasa    : norma keindaha yang menghasilkan kesenian, yang bersumber keindahan   dan menolak keburukan atau kejelekan.
            Jadi, kebudayaan adalah hasil dari buah budi (gagasan) manusia yang berupa cipta, rasa dan karsa baik yang kongrit ataupun yang abstrak yang bertujuan untuk mencapai kesempurnaan hidup . dalam pengaplikasiannya dilakukan dengan pola-pola perilaku, bahasa, organisasi sosial, religi,seni, dan lainnya yang telah menjadi kebiasaan yang turun temurun dari leluhur.
2.2 Faktor-faktor masuknya budaya asing yang dapat mempengaruhi perilaku  siswa SMP Negeri 20 Malang.

2.2.1 Faktor intern
            Faktor intern yang menyebabkan terjadinya perubahan kebudayaan diantaranya yaitu adanya penemuan-penemuan baru yang hadi di kehidupan masyarakat seperti discovery, invention, dan inovation. Faktor lainnya yaitu adanya pertambahan dan pengurangan penduduk (kelahiran, kematian, dan migrasi), adanya konflik yang terjadi di dalam masyarakat, dan yang terakhir adanya pemberontakan atau revolusi.
2.2.2 Faktor ekstern
            Faktor ekstern, merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam perubahan kebudayaan suatu bangsa. Seperti yang telah kita ketahui, yaitu adanya globalisasi yang telah menyebar luas melalui berbagai media. Globalisasi ini dapat berupa kebudayaan asing yang masuk ke dalam suatu bangsa. Masuknya kebudayaan asing ke dalam suatu bangsa dapat berupa difusi (penyebaran kebudayaan), alkuturasi (penggabungan kebudayaan namun masih terlihat ciri khas), dan asimilasi (penggabungan kebudayaan yang menghasilkan budaya yang benar benar baru).
            Dalam hal ini sangatlah diperlukan rasa cinta terhadap kebudayaan sendiri. Jika tidak, maka kebdayaan asli suatu bangsa angkan semakin terkikis sedikit demi sedikit dan bahkan akan menghilang. Generasi muda lebih menggemari kebudayaan asing. Sehingga membuat budaya asing suatu bangsa berubah. Pada belum tentu budaya asing tersebut akan cocok dengan kepribadian mereka. Walaupun kita tidak harus menolak secara seluruhnya akan budaya asing yang datang, tetapi kita harus dapat menyaring atau memilah milah mana saja kebudayaan yang cocok atau dapat diterima dan mana yang tidak dapat diterima. Semuanya kembali pada kesadaran masing masing tiap individu, apakah ingin memelihara kebudayaan. Suatu bangsa itu sendiri atau lebih memilih kebudayaan asing yang akan selalu hadir dari masa kemasa sesuai perkembangan teknologi yang ada.

2.3  Pengaruh positif dan negatif budaya asng terhadap perilaku siswa SMP Negeri 20 Mang
2.3.1        Dampak positif
1.                Kemajuan teknologi berkembang dengan pesat (internet: memudahkan akses informasi dan komunikasi; ajang silaturahmi dan eksistensi remaja lewat situs jejaring sosial (dengan adanya facebooktwitter); ajang bisnis online, dll
2.              Mempercepat pertumbuhan perkembangan remaja (memiliki rasa ingin tahu yang tinggi).
3.              Dapat mempelajari kebiasaan, pola pikir dan perilaku bangsa2 yg maju sehingga mampu mendorong kita untuk lebih baik lagi dan maju seperti mereka. 
4.              adanya kemudahan untuk memperlihatkan dan memperkenalkan kebudayaan negeri kita sendiri ke luar negeri.
5.              terjadinya akulturasi budaya yg mungkin bisa menciptakan kebudayaan baru yg unik. 
2.3.2        Dampak negatif
1.      Tercerabutnya akar budaya.
 remaja kini merasa malu dengan budaya sendiri dan merasa bangga dengan budaya asing. Dengan adanya berbagai media yang sering diakses oleh para remaja, membuat mereka ingin seperti yang mereka idolakan (proses tersebut perlahan telah mengubah gaya hidup remaja). Di satu sisi hal ini berdampak positif karena memacu perubahan, namun di lain sisi telah mengantarkan mereka pada budaya asing yang tidak sesuai dengan norma-norma pada masyarakat tertentu (misalnya: pacaran yang berlebihan, dugem, hedonis, konsumtif, dll.)
2.      Kemajuan teknologi yang membuat siswa SMP Negeri 20 Malang malas.
Dengan adanya kemajuan teknologi (internet), membuat remaja menjadi pemalas (membuang waktu percuma di hadapan komputer hanya untuk chatting, atau facebook-an), hal tersebut bisa membuat perkembangan sosialisasi (khususnya remaja) tidak baik, enggan berkomunikasi langsung dengan orang lain, akan menimbulkan keegoisan dan individualis (tidak mau bekerja sama dengan orang lain), dll.
3.      Hilangnya identitas diri.
para remaja dihadapkan pada proses mengikuti dan meniru trend asing terus-menerus, misalnya pop Korea yang sedang menjadi kiblat para remaja kini. Mereka merubah penampilan (model rambut, mode pakaian), gaya hidup, dan lebih mudah menerima budaya bangsa lain dibanding melestarikan budaya sendiri, hal ini dapat melahirkan hibridasi budaya (budaya campuran) sebagai akibat dari adanya budaya asing.
4.      Pergaulan bebas
Pergaulan bebas kebanyakan dilakukan oleh anak remaja (ABG) yang dalam masa pertumbuhan dan banyak ingin tahu tentang sesuatu yang membuatnya penasaran. Karena masa remaja adalah masa kita masih mencari jati diri kita. Tetapi dimasa itu banyak remaja yang salah langkah jika tidak diarahkan oleh orang tuanya, akibat bergaul yang diluar batas sehingga dampak buruk pada mereka seperti seks bebas yang berakibat hamil duluan atau terkena penyakit HIV /AIDS, overdosis akibat narkoba, minum- minuman keras.
Pergaulan bebas sekarang suka mulai ke tingkat bawah dan berkembang di anak SMA dan SMP. Di setiap SMA di indonesia sudah 60 % muridnya tidak virgin lagi, dan 40 % untuk anak SMP. Semua itu terjadi karena pergaulan bebas dan dunia internet dan ponsel yang dengan gampang menyimpan film biru (blue film) sehingga membuat anak- anak tersebut penasaran untuk meniru adegan tersebut, selain dari anak itu sendiri ada juga akibat orang dewasa yang melakukan pelecehan seksual ditempat umum ataupun di instansi. Dan dari akibat pergaulan bebas ini orang yang paling dirugikan hanyalah kaum perempuan. Kita harus mampu menjaga nafsu dan hargai badan kita agar tidak melakukan hal- hal yang dibisikkan syetan.
Kalau disimpulkan berikut ini adalah dampak akibat pergaulan bebas
1. Terserang Penyakit HIV / AIDS
Itu dikarenakan melakukan hubungan gonta ganti pasangan yang tidak menggunakan alat pengaman (kondom), sebagai akibat rasa ingin tahu atau mungkin masalah ekonomi
2. Hamil di Luar Nikah
Dikarenakan kurang pengetahuan masalah seksologi para remaja melakukan tanpa memikirkan resiko yang terjadi hanya untuk mencari tahu bagaimana rasanya berhubungan badan yang di akibatkan menonton film biru
3. Ketergantungan Obat
Indonesia sekarang semakin buruk, karena banyak kasus obat obatan terlarang yang menjadikan berita di televisi. Bila kita sudah terkontaminasi dengan obat, bila tidak membeli akan sakit dan itu menguras uang akibatnya bila tidak punya uang, kita akan mencuri atau melakukan tindakan kriminal untuk mendapatkan obat tersebut. Dan akibat paling buruk adalah overdosis, atau kelebihan kita menggunakan obat sehingga membuat kita meninggal.
4. Aborsi
Diakibatkan sering melakukan hubungan badan akan berakibat kita hamil di luar nikah. Bila itu terjadi pasti akan membuat remaja bingung, karena belum waktunya untuk menikah dan jeleknya kejadian itu tidak diketahui oleh orang tua, sehingga jalan terbaik adalah melakukan aborsi untuk menutupi mata pada orang tua dan masyarakat. Dan resiko yang paling parah bila aborsi dilakukan tidak sesuai dengan prosedur berakibat kematian
5. Tawuran Remaja
Mungkin kita tiap hari melihat di televisi tentang berita tawuran antar pelajar yang meresahkan masyarakat. Sampai diadakan sweeping oleh pihak kepolisian kepada pelajar. Semua itu akibat pergaulan bebas yang membuat emosi tinggi dan berakibat pada tawuran. Masih banyak lagi akibat pergaulan bebas yang bisa kita ambil, tetapi dari keterangan diatas itu paling menonjol dan meresahkan masyarakat. Bagaimana nasib negara kita bila para pelajar salah dalam bergaul. Tingkat kriminalitas akan meningkat diakibatkan pergaulan yang salah tersebut. Untuk itu kita harus sadar bila semua itu salah, dan didik anak kita menjadi yang benar. Semua itu tergantung pada diri kita sendiri bagaimana menyikapi hal tersebut, bila kita bisa menjaga dan bergaul dengan benar maka kejadian diatas tidak akan terjadi.
5.      Hilangnya suatu kebudayaan
adanya percampuran antara kebudayaan lokal dgn kebudayaan dr luar, bisa juga karna memang tidak ada generasi penerus yg melestarikan budaya tsb. 
6.      Mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat.
Generasi muda lupa akan identitasnya sebagai bangsa Indonesia karena perilakunya banyak meniru budaya barat

2.4 Macam-macam budaya asing yang masuk di kalangan siswa SMP                  Negeri 20 Malang.
            Dalam lingkup lebih luas dikenal dengan adanya nilai nilai budaya asing, nilai nilai budaya asing itu yang bisa diedakan menjadi budaya barat dan budaya timur.
2.4.1 Macam-macam kebudayaan-budaya timur
            Macam-macam kebudayaan yang pertama adalah budaya bangsa timur yang pada intinya bersumber pada nilai agama. Inti kepribadian budaya timur terletak pada hatinya dimana dengan hatinya mereka bisa menyatukan akal budi, ituisi, intelegnsi, perasaan. Sesuatu yang baik menurut budaya timur adalah sesuatu yang diperoleh melalui pencairan zat yang satu, didalam diri kita ataupun diluarnya. Sikap orang timur terhadap alam adalah menyatu dengan alam, tidak mengeksploitasi alam, bahkan menginginkan harmoni dengan alam. Sebab alam merupakan bagian yang tak terpisahkan. Indonesia adalah sebagian wilayah yang menganut budaya timur, harus mementingkan kerohanian, keharmonisan, gotong royong, perasaan manusia antar manusia, dan manusia dengan Tuhan. Oleh sebab iyu, macam macam kebudayaan Indonesia benyak memiliki kriteria yang sama dengan kebudayaan timur.

2.4.2 Macam-macam kebudayaan-budaya barat
            Macam macam nilai kebudayaan barat cenderung berbalik dengan kebudayaan timur. Kebudayaan barat menekankan dunia objektif dibandingkn perasaan sehingga pola pemikirannya menghasilkan sains dan teknologi. Budaya barat hanya meyakini sesuatu yang masuk akal saja, sehingga keagamaan dianggap sesuatu yang tidak masuk akal (irasional). Kehidupan barat lebih terpikat pada kemajuan material dan hidup. Sehingga mereka menggangap pikiran nilai nilai hidup yang meminta kepekaan hati sebagai seesuatu yang tidak bermutu. Contoh budaya asing yang masuk dikalangan siswa SMP Negeri 20 Malang
3        Telphone Genggam/ Handphone
            Telephone genggam/ handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama denga telephone fixed line sehingga konfensional namun dapat dibawa kemana mana (portable) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telephone menggunakan kabel(nirkabel,wireless) generasi pertama sistem selular analog yaitu AMPS (Adventure Mobile Phone Service). Versi dari AMPS dikenal sebagai Narrowband Adventure Mobile Phone Service (NAMPS) yang menggabungkan teknologi didgital, sehingga sistem ini dapat digunakan untuk membawa tiga kali lebih besar kapasitas pada setiap panggilan versinya. Pada tahun 1981 muncul NMT (Nordic Mobile Telephone system) pada tahun 1982 munculah GSM. Pada tahun 1990 jaringan amerika utara bergabung membentuk standarisasi IS-54B dimana standarisasi ini adalah yang pertama kali menggunakan dua mode selular berdasarkan teknik penyebaran spectrum untuk meningkatkan kapasitas yang disebut IS-95. Dengan menggunakan protokol AMPS sebagai defaultnya, akan tetapi mempunyai cara kerja SEC. Normal yang berbeda dengan analog selular serta lebiih canggih dan sangat modern dibandingkan dengan salah satu alat IS-54. Pada awalnya disebutkan bahwa yang menghunakan teknologi sistem Code Division Multipe Acces (CDMA) secara digital akan meningkatkan kapasitas hingga 10 sampai 20 kali pada sistem selularnya. Meskipun konsep tersebut mengadankan hal ini lah yang menjadikan sistem berdasarkan CDMA menjadi metode transmisi pilihan pada pemasangan pemasangan baru diatas sistem CDMA. Indonesia mempunyai 2 jaringan telephone  nikrkabel yaitu GSM dan CDMA tetapi sekarang ada era generasi baru handphone yaitu era generasi ke-3 (3G). Dimana generasi ini telah merabah lelayanan internet secara wireless.
            Dampak handphone bagi pelajar pada saat ini, banyak anak muda yang menggunaka barang elektronik yang sudah canggih salah satunya adalah handphone (Hp), yang sering kita gunakan untuk alat berkomunikasi. Handphone yang kita gunakan umumnya digunakan untuk berkomunikasi, tapi tidaklah anda tau bahwa anak muda sering menyalahgunakanya, yaitu untuk melihat hal hal yang semestinya tidak patut mereka lihat apalagi sebagai pelajar. Bayangkan jika para pelajar melihat hal hal seperti itu. Sekalipun beluma ada pembuktian secra akademis, bahwa maraknya peristiwa penyimpangan seksual dan pernikahan dini saat ini adalah didorong oleh penyalahgunaan teknologi seperti situs porno dihp. RUU agar pelajar tidak diperbolehkan membawa handphone diperbincangkan dimana mana. Perilaku pelajar dewasa ini semakin menjadi menjadi tak sedikit pelajar yang ketahuan menyimpan video dan foto yang tidak senonoh di handphone. Belum lagi, handphone juga digunakan untuk tukar tukaran jawaban ujian. Sebagaimana perkembangan zaman yang modern, saya melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh handphone pada saat ini terhdap pelajar yang ada di Indonesia.
            Dampak negatifnya yaitu mengganggu perkembangan anak, dengan canggihnya fitur yang tersedia di handphone(Hp) seperti : kamera, permainan, akan menggangu siswa dalam menerima pelajaran disekolah. Tidak jarang, mereka disibukan dengan menerima panggilan, sms, misscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan hp untuk mencontek (curang) dalam ulangan, bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dsb. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.
            Efek radiasi selain sebagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunanya, pengguna hp juga berakibat buruk terhdap kesehatan, adabaiknya siswa lebih hati hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih hp, khususnya bagi pelajar anak anak. Jika memamng tidak perlu diperlukan, sebaiknya anak anak jangn dulu diberi kesempatan menggunakan hp secara permanen.
            Rawan terhadap tindak kejahatan, pelajar merupakan salah satu target utama dari salah satu sasaran para penjahat saat ini yang sangat merugikan para pelajar.
            Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa, jika tidak ada kontrol dari guru dan orangtua. Hp bisa digunakan untuk menyebarkan gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya yang sama sekali tidak layak dilihat apalagi ditiru oleh seorang pelajar, karena itu merusak generasi muda.
            Pemborosan, dengan mempunyai hp maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalo hp hanya digunakan untuk hal hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan saja.

2.Internet
            Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.
            Definisi internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.
TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
            Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya.
            Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan di dukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat “perangkap jebakan” agar supaya si pengguna Internet bayar lebih mahal sampai ber juta-juta rupiah!!, lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet (warung internet), cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus, di kantor, dan terdapat juga di toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses Internet.
            Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.
1. INTERNET SERVICE PROVIDER. Perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi di Internet. Dengan memanfaatkan jasa ISP, kamu dapat mengakses Internet dari rumah atau sekolah dengan membayar dalam jumlah tertentu.
2. MODEM. Modem adalah perangkat komunikasi data yang digunakan untuk mengubah sinyal data digital menjadi analog. Fungsi modem ini adalah untuk komunikasi dial-up yang menggunakan kabel telepon.
3. AKSES DIAL-UP. Akses dial-up adalah satu metode yang mengoneksikan komputer dengan internet melalui ISP. Untuk melakukan akses dial-up, komputer harus dilengkapi dengan perangkat modem dan tersedia jaringan telepon.
4. APLIKASI WEB BROWSER. Perangkat lunak yang dipergunakan untuk menampilkan halaman web yang tersedia di Internet melalui HTTP. Salah satu contoh web browser adalah Internet Explorer.
5. AOL. American Online adalah layanan komersial yang menyediakan browser Internetnya sendiri.
6. ARPA. Advanced Research Project Agency adalah lembaga pemerintah yang membiayai  penelitian ARPANET yang menjadi DARPA di tahun tujuh puluhan.
7. ASCII. Data yang berbentuk huruf, angka, dan tanda-tanda baca.
8. BACKBONE. Backbone adalah jalur utama (frekuensi tinggi) komunikasi di sistem jaringan komputer.
9. BANDWITH. Bandwith adalah kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer, dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz.
10. BBS. Bulletin Board System, yaitu sistem yang memungkinkan pemakainya berhubungan satu dengan yang lainnya melalui komputer, sehinnga dapat mengambil atau mengirim file atau meninggalkan pesan ke pemakainya. BBS ini sebetulnya hampir sama dengan internet.
11.  BITNET. Because It’s Time Network adalah jaringan yang bukan TCP/IP untuk melakukan hubungan dengan universitas kecil tanpa kemampuan akses ke internet.
12.  BPS. Bit Per Second adalah satuan yang dipakai untuk menunjukkan kecepatan pemindahan data antar komputer.
13. BROWSING. Browsing adalah metode untuk menjelajahi dunia internet.
14.  CLIENT-SERVER. Client-Server merupakan suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah yang menerima layanan,yang akan menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi (komputer), sedangkan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya (server atau mainframe).
15. CIX. Commercial Internet Exchange adalah konsorsium perusahaan swasta yang melayani internet.
16. CU-SEE ME. Cu-SeeMe adalah aplikasi yang memungkinkan koferensi video pada internet.
17. DOMAIN NAME. Domain name adalah bagian yang membentuk IP address pada internet.
18. DOWNLOAD. Download adalah aktifitas pengambilan data-data yang tersimpan dalam layanan di dunia internet. Data-data yang dapat diambil diantaranya dalam bentuk dokumen teks elektronik, file suara, gambar, video, dan bentuk-bentuk lainnya.
19.  EDUCOM. EDUCOM adalah konsorsium institusi oendidikan yang bersifat nonprofit yang membantu memperkenalkan akses informasi eletronik dan manajemennya ke organisasi pendidikan
20.  HTTP. Sebuah metode atau protokol untuk men-download file ke komputer. Protokol ini berbasis hypertext, sebuah format teks yang umum digunakan di Internet.
21.  HYPERLINK. Hyperlink adalah link atau sambungan ke sumber lain, biasanya digunakan dalam membangun sebuah web.
22.  HYPERTEXT. Hypertext adalah dokumen online yang terdiri atas tulisan dan gambar yang berhubungan dengan dokumen lainnya. Biasanya untuk melihat hubungan dengan dokumen lain, kita harus menekan tombol mouse pada tampilan layar
23. INTERNET. Internet adalah istilah umum yang dipakai untuk menunjukkan network tingkat dunia yang terdiri atas komputer dan layanan servis atau sekitar 30-50 juta pemakai komputer dan puluhan sistem informasi termasuk e-mail, gopher, FTP, dan World Wide Web.
24. INTERNET DEVICE. Internet device adalah alat canggih seperti komputer yang dipergunakan untuk dapat berkomunikasi atau berinteraksi melalui internet, baik untuk surfing, mengirim dan menerima e-mail, bahkan untuk berchatting, baik menggunakan teks, suara, gambar, maupun video. Misalnya notebook, handphone dan internet-TV.
25. IP ADDRESS. Alat numerik unik dari sebuah komputer di internet. IP address komputermu sama dengan nomor teleponmu sendiri dalam fungsinya.
26.  HTML. Format dokumen yang digunakan dalam world wide web. HTML merujuk pada tampilan halaman, jenis, huruf, elemen grafis, juga link hypertext ke dokumen lain di internet.
27. INTERNET SHARING PC. Sebuah komputer yang menyimpan banyak sumber daya seperti file, data, dan koneksi internet yang dapat diakses oleh komputer lain yang terhubung ke jaringan.
28. INTRANET. Intranet adalah sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakkan jarigan komputer yang ada.
29. KBIT/S (Kilobits per second). Ukuran untuk transfer data atau kecepatan modem. Kebanyakan modem komputer mendownload informasi pada kecepatan 56 Kbit/s. Digunakan untuk mengekspresikan kecepatan transfer data didalam jaringan. Satu kilobit= 1000 bit.
30. LOG IN. Log in adalah proses untuk masuk ke dalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.
31. LOG OUT. Log out adalah keluar atau menutup, sama artinya dengan sign out.
32. MAILING LIST. Mailing list adalah sebuah forum diskusi di internet dengan menggunakan e-mail. 1 pesan dari pesan seorang anggota akan diterima oleh semua anggota.
33. MULTIMEDIA. Multimedia merupakan suatu PC, sistem dokumen, dan lain-lain yang mengombinasikan teks, grafik, suara, film, atau media lain.
34. SEARCH ENGINE. Search engine adalah sebuah (fasilitas) web yang dapat mencari links dari situs lain.
35.SITUS. Situs adalah sebuah komputer yang terhubung oleh internet dan menyajikan informasi atau layanan seperti newsgroups, e-mail, atau halaman web.
.           Dampak positif dan negatif dari internet bagi pelajar SMP Negero 20 Malang :
DampakPositif  :
1. Internetsebagaimediakomunikasi :
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Mediapertukarandata :
dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Mediauntukmencariinformasi atau data :
perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi:
kemudahan untuk memperoleh informasi yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan :
Dengan kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan karena dapat di lakukan lewat internet.
DampakNegatif :
1.Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2.ViolenceandGore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka.  Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yangbersifat tabu.
3. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4.Carding
Karena sifatnya yang real time(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5.Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
Secara garis besar dampak negatif internet adalah :

·         Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
·         Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
·         Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
·         Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

3.Tarian modern atau modern dance

Jenis-jenis modern dance

            Sejalan dengan perkembangannya, tari modern di Indonesia ini dapat dikategorikan menjadi beberapa macam, antara lain adalah hip hop dance, concert dance, breakdance, R&B dance, freestyle dance, da yang terakhir ballroom dance.
            Modern dance, atau dalam Bahasa Indonesia berarti tari modern, adalah
suatu bentuk tarian yang terbentuk dan berkembang sejak dari awal abad 20. Di beberapa tempat yang belum begitu mengenal tari
modern seperti di Indonesia, ballroom dance serta concert dance juga masih
dianggap sebagai bagian dari tari modern ini. Namun apabila dilihat dari latar
belakang sejarah, tari modern ini sebenarnya dipelopori oleh penari-penari dari
Amerika Serikat, serta penari-penari di beberapa negara di Eropa Barat yang
“memberontak” terhadap ballet dance serta classical dance yang sedang booming saatitu.
            Beberapa penari yang paling terkenal dengan aksinya saat itu adalah Loie
Fuller, Isadora Duncan and Ruth St. Denis. Aksi mereka dilandasi dengan faktor
kelemahan dari ballet dan classical dance sendiri, yaitu diperlukannya
perlengkapan khusus selain musik, seperti kostum, sepatu tari, serta bahkan tata
rias yang tebal. Beberapa dari perlengkapan tersebut tidak mampu dimiliki oleh
orang-orang biasa dengan latar ekonomi yang rendah, yang juga punya
ketertarikan besar untuk menari. Oleh sebab itu ketiga penari tersebut kemudian
menciptakan suatu free dance yang kemudian dikenal dengan cikal bakal dari tari
modern. Semakin berkembangnya zaman, selera tari orang pun berubah, tarian-tarian pun juga dikembangkan menjadi lebih beragam.
Modern dance sekarang terbagi menjadi bermacam-macam  :
1.RobotDance/robottic:
            The ROBOT DANCE adalah sebuah ilusi gaya tari ± sering bingung dengan bermunculan ± yangmencoba untuk meniru sebuah menari robot atau manekin. Itu berasal oleh Charles Washington,juga dikenal sebagai ³Charles Robot´ pada akhir tahun 1960-an , dan memperoleh ketenaranlebih lanjut setelah The Jacksons melakukan tarian ketika mereka tampil Dancing Machine.
2. Blood-Elf Dance:
            Ini adalah tarian flexible atau tarian lentur.Ini merupakan Tarian Baru era jamansekarang.Banyak Anak muda mengikuti tarian ini.
3. Breakdance:
            B-boying atau yg sering disebut sebagai breakdancing, adalah gaya tarian yang berevolusisebagai bagian dari budaya hip-hop di antara Hitam dan Amerika Latin pemuda di BronxSelatan, New York City selama tahun 1970-an. menari-nari untuk kedua hip-hop dan genremusik lain yang sering remixed untuk memperpanjang istirahat musik. Satu yang praktek gayatarian ini disebut b-anak laki-laki, b-gadis, atau breaker. Meskipun ³breakdance´ adalahistilah³b-boying´ dan ³melanggar´ lebih disukai oleh sebagian besar bentuk seni yang palingmenonjol pionir dan praktisi.
            Toprocks menampilkan gerakan yang membtuhkan fleksibilitas, gaya , dan yang paling penting irama. Tarian ini biasa digunakan pada awal pertunjukkan sebagai pemanasan beberapa gaya akrobatik lain. Dowrock biasanya ditampilan dengan posisi tangan dan kaki pada lantai. Pada downrock, seorang breaker menampilkan perputaran tubuh dengan kecepatan kaki dan kontrol dengan cara mengkombinasi gerakan kaki. Kombinasi ini akan menampilkan gaya yang disebut power moves;;The windmill adalah gerakan populer daripower move.
            Power Move adalah gerakan yang membutuhkan momentum dan kekuatan fisik untuk menjalankannnya. pada power movebreaker lebih bergantung pada kekuatan tubuh bagian atas untuk menari, menggunakan tangan untuk bergerak. Power Move terdiri dari WindmillSwipe, danFlare. Beberapa gerakan meminjam dari bela diri seperti buttertfly kick.
4. MoonwalkDance:
            The Moonwalk atau backslide adalah sebuah teknik tarian yang menghadirkan ilusi penari ditarik ke belakang ketika mencoba untuk berjalan maju.Sebuah breakdancing bergerak, itu menjadi populer di seluruh dunia setelah dieksekusi Michael Jackson tarian bergerak selama kinerja ³Billie jean ³on Motown 25: Kemarin, Hari ini, Forever pada tanggal 25 Maret 1983. Inikemudian menjadi tanda tangannya bergerak, dan sekarang salah satu yang terbaik teknik tariterkenal di dunia.
5. Sexy dance
            Sexy Dance ialah tarian dimana para dancer menari dengan menonjolkan sisi ke-sexy an nya.

Modern Dance:
            Tutting adalah jenis tari dimana tubuh modern dan gerakan lengan didasarkan pada sudut matematika dan / atau geometris dan bentuk. Ini gaya tari jalanan juga dikatakan interpretatif di alam dan beberapa gerakan, terutama yang dari lengan, diambil dari hieroglif, tulisan dinding atau kuno Mesir. Gerakan yang terlibat dalam tutting dilakukan untuk meniru berbagai sudut dan bentuk dan ini dilakukan bersama dengan irama musik tertentu atau irama, membuat seluruh tarian rutin agak robot. Pada titik pandang pemirsa, maka akan tampak seperti orang yang melakukan langkah tuttingadalah menampilkan berbagai bentuk dan sudut. Beberapa bergerak dari berdecak disebut “King Tut”, yang mungkin berevolusi dari referensi tarian untuk Mesir seni dan Firaun Mesir Tutankhamun.
Dampak negatif tarian modern :
·         Berpakaian ala-ala barat
            Style fasion ABG saat ini sedang beken-bekennya. Dimana remaja putri keluar rumah dengan menggunaka tanktop dan hotpants rasanya tidak lazim di Negara Republik Indonesia yang berbudaya.
            Nilai-nilai budaya meliputi cara berpakaian dan kesopanan di Indonesia menurut kelompok kami sudah mulai tidak berfungsi lagi. Kenapa? Karena sebagian besar remaja putri di Indonesia menganggap hal tersebut sebagai hal sepele. Nyatanya tidak. Efek negatif (dampak) yang di dapat remaja putri sangatlah besar. Dengan berpakaian ketet atau minim sehingga bagian bagian tubuh yang seharusnya tidak terlihat menjadi terlihat atau membuka aurat . Karena kaum adam melihat auratnya perempuan maka timbullah rangsangan secara seksual, dan selanjutnya terjadilah perkosaan.
2.5 Alasan siswa SMP Negeri 20 Malang lebih memilih budaya asing  dibandingkan budaya lokal.
                        Alasan siswa SMP Negeri 20 Malang mengikuti budaya asing yaitu:
1.      Karena siswa SMP Negeri 20 Malang tidak ingin dikatakan “kurang gaul” oleh teman temannya.
2.      Karena siswa SMP Negeri 20 Malang ingin mengikuti perkembangan budaya asing.
Karena siswa SMP Negeri 20 Malang agar dapat lebih mudah mendapat informasi melalui budaya asing.
2.6              Perubahan perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang akibat budaya          asing.
1.      Kemajuan teknologi yang membuat siswa SMP Negeri 20 Malang menjadi malas.
            Dengan adanya kemajuan teknologi (internet), membuat remaja menjadi pemalas (membuang waktu percuma di hadapan komputer hanya untuk chatting, atau facebook-an).
2.      Tarian modern atau modern dance
   Sejalan dengan perkembangannya, tari modern di Indonesia ini dapat dikategorikan menjadi beberapa macam, antara lain adalah hip hop dance, concert dance, breakdance, R&B dance, freestyle dance, da yang terakhir ballroom dance. Modern dance, atau dalam Bahasa Indonesia berarti tari modern, adalah
suatu bentuk tarian yang terbentuk dan berkembang sejak dari awal abad 20. Di beberapa tempat yang belum begitu mengenal tari
modern seperti di Indonesia, ballroom dance serta concert dance juga masih
dianggap sebagai bagian dari tari modern ini. Namun apabila dilihat dari latar
belakang sejarah, tari modern ini sebenarnya dipelopori oleh penari-penari dari
Amerika Serikat, serta penari-penari di beberapa negara di Eropa Barat yang
“memberontak” terhadap ballet dance serta classical dance yang sedang booming saatitu.
3.      Berpakaian ala-ala barat
            Style fasion ABG saat ini sedang beken-bekennya. Dimana remaja putri keluar rumah dengan menggunaka tanktop dan hotpants rasanya tidak lazim di Negara Republik Indonesia yang berbudaya.
            Nilai-nilai budaya meliputi cara berpakaian dan kesopanan di Indonesia menurut kelompok kami sudah mulai tidak berfungsi lagi. Kenapa? Karena sebagian besar remaja putri di Indonesia menganggap hal tersebut sebagai hal sepele. Nyatanya tidak. Efek negatif (dampak) yang di dapat remaja putri sangatlah besar. Dengan berpakaian ketet atau minim sehingga bagian bagian tubuh yang seharusnya tidak terlihat menjadi terlihat atau membuka aurat . Karena kaum adam melihat auratnya perempuan maka timbullah rangsangan secara seksual, dan selanjutnya terjadilah perkosaan.
2.7              Upaya yang dilakukan untuk menyikapi dampak negatif budaya          asing.
            Sebagai penerus bangsa,kita harus bersikap kritis dan teliti terhadap hal-hal yang baru didatangkan dari luar, bagaimana kita bisa memfilter apakah hal ini bisa membawa dampak baik atau buruk bagi kita. Bersikaplah kritis terhadap sesuatu yang baru, banyak bertanya pada orang-orang yang berkompeten dibidangnya dan teliti apakah inovasi tersebut bisa sesuai dengan iklim indonesia dan pastikan tidak melanggar norma-norma yang berlaku di Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui  bersama, agama merupakan pondasi utama dalam diri yang bisa mengontrol diri kita kepada hawa nafsu yang akan membawa kita ke jurang kenistaan.Agama sangat penting bagi kelangsungan hidup remaja sekarang untuk menjadi yang lebih baik di masa mendatang. Orang tua harus menanamkan norma agama secara keras dan sifatnya memaksa kepada anak-anakanya. Karena bagaimanapun norma ini adalah norma yang paling utama, dan hanya dengan agama serta keimananlah seseorang dapat terhindar dari serangan marabahaya yang akan membahayakan. Hanya agama yang sanggup menepis godaan-goadaan yang akan membahayakan hidup anak-anak mereka kelak, sehingga agama harus diajarkan dari sejak dini.
            Solusi yang dapat dilakukan terhadap budaya asing yang masuk di      kalangan siswa SMP Negeri 20 Malang. Budaya barat atau budaya asing saat ini berkembang pesat di Indonesia,baik yang bersifat positif dan negatif sangat mudah diterima masyarakat, khususnya generasi muda atau remaja. Para orang tua sangat khawatir atas perkembangan pergaulan remaja saat ini. Oleh karena itu, sebagai generasi muda yang baik kita hendaknya tidak mengikuti budaya barat yang berdampak negatif. Remaja yang tidak mengikuti perkembangan yang terjadi akan dianggap kuper atau tidak modern, tetapi remaja sekalian jangan takut karena tidak semua perkembangan yang ada berdampak baik.Berikut ini beberapa solusi atau cara mengatasi pengaruh budaya barat atau budaya asing yang bersifat negatif :
1)      Remaja seharusnya dapat memilah dan menyaring perkembangan budaya saat ini, jangan menganggap semua pengaruh yang berkembang saat ini semuanya baik, karena belum pasti budaya barat tersebut diterima dan dianggap baik oleh budaya timur kita.
2)      Para orang tua sebaiknya lebih mendekatkan diri kepada anaknya,dan berusaha menjadi teman untu anaknya sehingga dapat memberikan saran kepada anak dan anak pasti akan merasa lebih dekat kepada orang tuanya dan kan mengingat saran dari orang tuanya tersebut.
3)      Pemeritah lebih tegas terhadap peraturan, khususnya penyimpangan perilaku akibat pengaruh budaya asing.
4)      Masyarkat hendaknya membantu pemerintah, dalam menaggulangi perkembangan budaya barat atau budaya asing yang bersifat negatif.

2.8  Contoh perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang yang cenderung meniru budaya asing
1.      berpakaian kurang sopan
berpakaian yang membuka aurat serasa sudah menjadi kebiasaan yang sudah melekat erat didalam masyarakat kita. Sehingga melupakan pakaian yang seharusnya dipakai oleh bangsa Indonesia
2.      cara bergaul mereka yang terlalu bebas
di adopsi remaja kita menyebabkan banyak sekali penyimpangan norma di Indonesia. 
3.      jenis-jenis makanan yang dikonsumsi.
 Masyarakat sekarang lebih memilih makanan-makanan yang berasal dari luar seperti KFC, steak, burger, dan lain-lain. Masyarakat menganggap makanan tersebut hieginis, modern, dan praktis. 
4.      Penampilan siswa yang meniru budaya asing
Gaya rambut yang meniru artis artis dari luar karena dianggap lebih menarik dan tidak ketinggalan zaman
2.9  Hasil analisis angket tentang pengaruh budaya asing terhadap perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang.BAB II
ANALISIS DAN PEMBAHASAN
            Pada bab ini analisis dan pembahasan ini dijelaskan mengenai (1) Pengertian budaya asing, (2) Faktor-faktor masuknya budaya asing yang dapat mempengaruhi prilaku siswa SMP Negeri 20 Malang, (3) Pengaruh positif dan negatif budaya asing terhadap perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang, (4) macam-macam budaya asing yang diminati siswa SMP Negeri 20 Malang, (5) alasan siswa SMP Negeri 20 Malang lebih memilih budaya asing, (6) perubahan perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang akibat budaya asing, (7) upaya yang dapat dilakukan untuk menyikapi dampak negatif budaya asing, (8) contoh perilaku siswa SMP Neeri 20 Malang yang cenderung meniru budaya asing, (9) Hasil analisis angket tentang “PENGARUH BUDAYA ASING BAGI PERILAKU SISWA SMP NEGERI 20 MALANG”.

2.1 Pengertian Budaya Asing
            Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi/akal) diartikan sebagai hal hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam Bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture yang berasal dari kata latin colere, yaitu mengolah atau mengerjakan.
            Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh sebuah kelompok dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem adat istiadat, bahasa, pakaian, bangunan, karyaseni, agama dan, politik. Bahasa juga merupakan suatu budaya yan merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan perbedaannya, membuktikan bahwa budaya tersebut dipelajari.
            Budaya bersifat kompleks, abstrak dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan prilaku komunikatif. Kebudayaan sangat erat hubungan dengan masyarakat, segaa sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.
            Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari hari, kebudayaan itu berrsifat abstrak.
            Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda benda yang diciptakan oleh manusia sebagai mahluk yang berbudaya, berupa prilaku dan benda benda yang bersifat nyata, misalnya pola pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni dll, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
            Berdasarkan wujudnya tersebut, kebudayaan dapat digolongkan atas dua komponen utama

2.1.1 Kebudayaan Material
            Kebudayaan material mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata, konkret. Termasuk dalam kebudayaan material ini adalah temuan-temuan yang dihasilkan dari suatu penggalian arkeologi : mangkuk tanah liat,  senjata, perhiasan, dst. Kebudayaan material juga mencakup barang barang seperti televisi, pesawat terbang, stadion olahraga, pakaian, gedung pencakar langit, dan mesin cuci.

2.1.2 Kebudayaan Nonmaterial
            Kebudayaan nonmaterial adalah ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi, misalnya berupa dongeng, ceritarakyat, lagu dan tarian tradisional.
            Perubahan kebudayaan adalah sebuah gejala berubahnya pola budaya daam suatu masyarakat. Perubahan budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan. Perubahan sosial budaya juga dapat terjadi bila sebuah kebudayaan melakukan kontak dengan kebudayaan asing atau keleburan dengan budaya asing
            Pengertian Kebudayaan Menurut para ahli Barat :
            C. Klukhohn dan W.H Kelly menyatakan kebudayaan adalah sebagai hasil tanya jawab dari para ahli antropologi, sejarah, hukum, psychologi, yang implisit dan eksplisit, rasional, irasional terdapat pada setiap waktu sebagai pedoman yang potensial bagi tingkah laku manusia.
            Melville J. Herskovits menedefinisikan kebudayaan sebagai “man made part of the environtment” (Bagian dari lingkungan buatan manusia).
            J.P.H. Dryvendak mengatakan bahwa kebudayaan adalah kumpulan dari cetusan jiwa manusia sebagai yang beranekaragam berlaku dalam suatu masyarakat tertentu.
            Ralph Linton seorang antropologi Amerika menyatakan kebudayaan adalah “Man’s social heredity” (sifat sosial manusia yang temurun).
            M. Jacobs dan B.J Stern menyatakan kebudayaan mencakup keseruhan yang meliputi bentuk teknologi sosial, ideologi, religi, dan kesenian serta benda yang semuanya merupakan warisan sosial.
            Dr. K. Kupper mengemukakan kebudayaan adalah sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengaruh bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.
            William H. Haviland mengatakan kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat diterima oleh semua masyarakat.
            Francis merill pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial. Semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seorang sebagai anggota suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis.
            Bounded et.al merupakan sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol simbol tertentu,  misalnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mangalihkan keyakinan budaya budaya antara para anggota suatu masyarakat. Pesan pesan tentang kebudayaan yang diharapkan dapat ditemukan didalam media pemerintahan, institusi agama, sistem pendidikan semacam itu.
            Robert H Lowie merupakan segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat-istiadartistik, kebiasaan makan, keahlian yang diperoleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkanmerupakan warisan masa lampau yang didapat melalui pendidikan formaln dan informal
            Pengertian Kebudayaan menurut para ahli Indonesia
            Prof. Dr. Koentjaraningrat menyatakan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan manusia dari kelakuan dan hasil kelakuan yang harus didapatnya dengan belajar dan yang semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.
            Sultan Takdir Alisyahbana mengatakn kebudayaan adalah manifesti dari cara berfikir.
            Mangunsarkoro, kebudayaan adalah segala yang bersifat hasil kerja jiwa manusia dalam arti seluas-luasnya.
            Drs. Sidi Gazaltha, kebudayaan adalah cara berpikir dan merasa menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari golongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruangan dan suatu waktu.
            Ki Hajar Dewantara, kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran dalam hidup dan penghidupan guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.
            Arkeolog. R. Soekmono, kebudayaan adalah keseluruhan hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa pikiran dan dalam hidup.
            Prof. M.M. djodjodiguno dalam buku “Asas-asas sosiologi(1958)”, kebudayaan/budaya adalah daya dari budi, yang berupa cipta, rasa, dan karsa.
Cipta   : Ilmu pengetahuan yang bersumber dari pengalaman lahir dan batin.
Karsa   : Norma-norma keagamaan/kepercayaan, yang bersumber dari “sangkan                    (lahir) dan paran (mati)”.
Rasa    : norma keindaha yang menghasilkan kesenian, yang bersumber keindahan   dan menolak keburukan atau kejelekan.
            Jadi, kebudayaan adalah hasil dari buah budi (gagasan) manusia yang berupa cipta, rasa dan karsa baik yang kongrit ataupun yang abstrak yang bertujuan untuk mencapai kesempurnaan hidup . dalam pengaplikasiannya dilakukan dengan pola-pola perilaku, bahasa, organisasi sosial, religi,seni, dan lainnya yang telah menjadi kebiasaan yang turun temurun dari leluhur.
2.2 Faktor-faktor masuknya budaya asing yang dapat mempengaruhi perilaku  siswa SMP Negeri 20 Malang.

2.2.1 Faktor intern
            Faktor intern yang menyebabkan terjadinya perubahan kebudayaan diantaranya yaitu adanya penemuan-penemuan baru yang hadi di kehidupan masyarakat seperti discovery, invention, dan inovation. Faktor lainnya yaitu adanya pertambahan dan pengurangan penduduk (kelahiran, kematian, dan migrasi), adanya konflik yang terjadi di dalam masyarakat, dan yang terakhir adanya pemberontakan atau revolusi.
2.2.2 Faktor ekstern
            Faktor ekstern, merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam perubahan kebudayaan suatu bangsa. Seperti yang telah kita ketahui, yaitu adanya globalisasi yang telah menyebar luas melalui berbagai media. Globalisasi ini dapat berupa kebudayaan asing yang masuk ke dalam suatu bangsa. Masuknya kebudayaan asing ke dalam suatu bangsa dapat berupa difusi (penyebaran kebudayaan), alkuturasi (penggabungan kebudayaan namun masih terlihat ciri khas), dan asimilasi (penggabungan kebudayaan yang menghasilkan budaya yang benar benar baru).
            Dalam hal ini sangatlah diperlukan rasa cinta terhadap kebudayaan sendiri. Jika tidak, maka kebdayaan asli suatu bangsa angkan semakin terkikis sedikit demi sedikit dan bahkan akan menghilang. Generasi muda lebih menggemari kebudayaan asing. Sehingga membuat budaya asing suatu bangsa berubah. Pada belum tentu budaya asing tersebut akan cocok dengan kepribadian mereka. Walaupun kita tidak harus menolak secara seluruhnya akan budaya asing yang datang, tetapi kita harus dapat menyaring atau memilah milah mana saja kebudayaan yang cocok atau dapat diterima dan mana yang tidak dapat diterima. Semuanya kembali pada kesadaran masing masing tiap individu, apakah ingin memelihara kebudayaan. Suatu bangsa itu sendiri atau lebih memilih kebudayaan asing yang akan selalu hadir dari masa kemasa sesuai perkembangan teknologi yang ada.

2.3  Pengaruh positif dan negatif budaya asng terhadap perilaku siswa SMP Negeri 20 Mang
2.3.1        Dampak positif
1.                Kemajuan teknologi berkembang dengan pesat (internet: memudahkan akses informasi dan komunikasi; ajang silaturahmi dan eksistensi remaja lewat situs jejaring sosial (dengan adanya facebooktwitter); ajang bisnis online, dll
2.              Mempercepat pertumbuhan perkembangan remaja (memiliki rasa ingin tahu yang tinggi).
3.              Dapat mempelajari kebiasaan, pola pikir dan perilaku bangsa2 yg maju sehingga mampu mendorong kita untuk lebih baik lagi dan maju seperti mereka. 
4.              adanya kemudahan untuk memperlihatkan dan memperkenalkan kebudayaan negeri kita sendiri ke luar negeri.
5.              terjadinya akulturasi budaya yg mungkin bisa menciptakan kebudayaan baru yg unik. 
2.3.2        Dampak negatif
1.      Tercerabutnya akar budaya.
 remaja kini merasa malu dengan budaya sendiri dan merasa bangga dengan budaya asing. Dengan adanya berbagai media yang sering diakses oleh para remaja, membuat mereka ingin seperti yang mereka idolakan (proses tersebut perlahan telah mengubah gaya hidup remaja). Di satu sisi hal ini berdampak positif karena memacu perubahan, namun di lain sisi telah mengantarkan mereka pada budaya asing yang tidak sesuai dengan norma-norma pada masyarakat tertentu (misalnya: pacaran yang berlebihan, dugem, hedonis, konsumtif, dll.)
2.      Kemajuan teknologi yang membuat siswa SMP Negeri 20 Malang malas.
Dengan adanya kemajuan teknologi (internet), membuat remaja menjadi pemalas (membuang waktu percuma di hadapan komputer hanya untuk chatting, atau facebook-an), hal tersebut bisa membuat perkembangan sosialisasi (khususnya remaja) tidak baik, enggan berkomunikasi langsung dengan orang lain, akan menimbulkan keegoisan dan individualis (tidak mau bekerja sama dengan orang lain), dll.
3.      Hilangnya identitas diri.
para remaja dihadapkan pada proses mengikuti dan meniru trend asing terus-menerus, misalnya pop Korea yang sedang menjadi kiblat para remaja kini. Mereka merubah penampilan (model rambut, mode pakaian), gaya hidup, dan lebih mudah menerima budaya bangsa lain dibanding melestarikan budaya sendiri, hal ini dapat melahirkan hibridasi budaya (budaya campuran) sebagai akibat dari adanya budaya asing.
4.      Pergaulan bebas
Pergaulan bebas kebanyakan dilakukan oleh anak remaja (ABG) yang dalam masa pertumbuhan dan banyak ingin tahu tentang sesuatu yang membuatnya penasaran. Karena masa remaja adalah masa kita masih mencari jati diri kita. Tetapi dimasa itu banyak remaja yang salah langkah jika tidak diarahkan oleh orang tuanya, akibat bergaul yang diluar batas sehingga dampak buruk pada mereka seperti seks bebas yang berakibat hamil duluan atau terkena penyakit HIV /AIDS, overdosis akibat narkoba, minum- minuman keras.
Pergaulan bebas sekarang suka mulai ke tingkat bawah dan berkembang di anak SMA dan SMP. Di setiap SMA di indonesia sudah 60 % muridnya tidak virgin lagi, dan 40 % untuk anak SMP. Semua itu terjadi karena pergaulan bebas dan dunia internet dan ponsel yang dengan gampang menyimpan film biru (blue film) sehingga membuat anak- anak tersebut penasaran untuk meniru adegan tersebut, selain dari anak itu sendiri ada juga akibat orang dewasa yang melakukan pelecehan seksual ditempat umum ataupun di instansi. Dan dari akibat pergaulan bebas ini orang yang paling dirugikan hanyalah kaum perempuan. Kita harus mampu menjaga nafsu dan hargai badan kita agar tidak melakukan hal- hal yang dibisikkan syetan.
Kalau disimpulkan berikut ini adalah dampak akibat pergaulan bebas
1. Terserang Penyakit HIV / AIDS
Itu dikarenakan melakukan hubungan gonta ganti pasangan yang tidak menggunakan alat pengaman (kondom), sebagai akibat rasa ingin tahu atau mungkin masalah ekonomi
2. Hamil di Luar Nikah
Dikarenakan kurang pengetahuan masalah seksologi para remaja melakukan tanpa memikirkan resiko yang terjadi hanya untuk mencari tahu bagaimana rasanya berhubungan badan yang di akibatkan menonton film biru
3. Ketergantungan Obat
Indonesia sekarang semakin buruk, karena banyak kasus obat obatan terlarang yang menjadikan berita di televisi. Bila kita sudah terkontaminasi dengan obat, bila tidak membeli akan sakit dan itu menguras uang akibatnya bila tidak punya uang, kita akan mencuri atau melakukan tindakan kriminal untuk mendapatkan obat tersebut. Dan akibat paling buruk adalah overdosis, atau kelebihan kita menggunakan obat sehingga membuat kita meninggal.
4. Aborsi
Diakibatkan sering melakukan hubungan badan akan berakibat kita hamil di luar nikah. Bila itu terjadi pasti akan membuat remaja bingung, karena belum waktunya untuk menikah dan jeleknya kejadian itu tidak diketahui oleh orang tua, sehingga jalan terbaik adalah melakukan aborsi untuk menutupi mata pada orang tua dan masyarakat. Dan resiko yang paling parah bila aborsi dilakukan tidak sesuai dengan prosedur berakibat kematian
5. Tawuran Remaja
Mungkin kita tiap hari melihat di televisi tentang berita tawuran antar pelajar yang meresahkan masyarakat. Sampai diadakan sweeping oleh pihak kepolisian kepada pelajar. Semua itu akibat pergaulan bebas yang membuat emosi tinggi dan berakibat pada tawuran. Masih banyak lagi akibat pergaulan bebas yang bisa kita ambil, tetapi dari keterangan diatas itu paling menonjol dan meresahkan masyarakat. Bagaimana nasib negara kita bila para pelajar salah dalam bergaul. Tingkat kriminalitas akan meningkat diakibatkan pergaulan yang salah tersebut. Untuk itu kita harus sadar bila semua itu salah, dan didik anak kita menjadi yang benar. Semua itu tergantung pada diri kita sendiri bagaimana menyikapi hal tersebut, bila kita bisa menjaga dan bergaul dengan benar maka kejadian diatas tidak akan terjadi.
5.      Hilangnya suatu kebudayaan
adanya percampuran antara kebudayaan lokal dgn kebudayaan dr luar, bisa juga karna memang tidak ada generasi penerus yg melestarikan budaya tsb. 
6.      Mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat.
Generasi muda lupa akan identitasnya sebagai bangsa Indonesia karena perilakunya banyak meniru budaya barat

2.4 Macam-macam budaya asing yang masuk di kalangan siswa SMP                  Negeri 20 Malang.
            Dalam lingkup lebih luas dikenal dengan adanya nilai nilai budaya asing, nilai nilai budaya asing itu yang bisa diedakan menjadi budaya barat dan budaya timur.
2.4.1 Macam-macam kebudayaan-budaya timur
            Macam-macam kebudayaan yang pertama adalah budaya bangsa timur yang pada intinya bersumber pada nilai agama. Inti kepribadian budaya timur terletak pada hatinya dimana dengan hatinya mereka bisa menyatukan akal budi, ituisi, intelegnsi, perasaan. Sesuatu yang baik menurut budaya timur adalah sesuatu yang diperoleh melalui pencairan zat yang satu, didalam diri kita ataupun diluarnya. Sikap orang timur terhadap alam adalah menyatu dengan alam, tidak mengeksploitasi alam, bahkan menginginkan harmoni dengan alam. Sebab alam merupakan bagian yang tak terpisahkan. Indonesia adalah sebagian wilayah yang menganut budaya timur, harus mementingkan kerohanian, keharmonisan, gotong royong, perasaan manusia antar manusia, dan manusia dengan Tuhan. Oleh sebab iyu, macam macam kebudayaan Indonesia benyak memiliki kriteria yang sama dengan kebudayaan timur.

2.4.2 Macam-macam kebudayaan-budaya barat
            Macam macam nilai kebudayaan barat cenderung berbalik dengan kebudayaan timur. Kebudayaan barat menekankan dunia objektif dibandingkn perasaan sehingga pola pemikirannya menghasilkan sains dan teknologi. Budaya barat hanya meyakini sesuatu yang masuk akal saja, sehingga keagamaan dianggap sesuatu yang tidak masuk akal (irasional). Kehidupan barat lebih terpikat pada kemajuan material dan hidup. Sehingga mereka menggangap pikiran nilai nilai hidup yang meminta kepekaan hati sebagai seesuatu yang tidak bermutu. Contoh budaya asing yang masuk dikalangan siswa SMP Negeri 20 Malang
3        Telphone Genggam/ Handphone
            Telephone genggam/ handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama denga telephone fixed line sehingga konfensional namun dapat dibawa kemana mana (portable) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telephone menggunakan kabel(nirkabel,wireless) generasi pertama sistem selular analog yaitu AMPS (Adventure Mobile Phone Service). Versi dari AMPS dikenal sebagai Narrowband Adventure Mobile Phone Service (NAMPS) yang menggabungkan teknologi didgital, sehingga sistem ini dapat digunakan untuk membawa tiga kali lebih besar kapasitas pada setiap panggilan versinya. Pada tahun 1981 muncul NMT (Nordic Mobile Telephone system) pada tahun 1982 munculah GSM. Pada tahun 1990 jaringan amerika utara bergabung membentuk standarisasi IS-54B dimana standarisasi ini adalah yang pertama kali menggunakan dua mode selular berdasarkan teknik penyebaran spectrum untuk meningkatkan kapasitas yang disebut IS-95. Dengan menggunakan protokol AMPS sebagai defaultnya, akan tetapi mempunyai cara kerja SEC. Normal yang berbeda dengan analog selular serta lebiih canggih dan sangat modern dibandingkan dengan salah satu alat IS-54. Pada awalnya disebutkan bahwa yang menghunakan teknologi sistem Code Division Multipe Acces (CDMA) secara digital akan meningkatkan kapasitas hingga 10 sampai 20 kali pada sistem selularnya. Meskipun konsep tersebut mengadankan hal ini lah yang menjadikan sistem berdasarkan CDMA menjadi metode transmisi pilihan pada pemasangan pemasangan baru diatas sistem CDMA. Indonesia mempunyai 2 jaringan telephone  nikrkabel yaitu GSM dan CDMA tetapi sekarang ada era generasi baru handphone yaitu era generasi ke-3 (3G). Dimana generasi ini telah merabah lelayanan internet secara wireless.
            Dampak handphone bagi pelajar pada saat ini, banyak anak muda yang menggunaka barang elektronik yang sudah canggih salah satunya adalah handphone (Hp), yang sering kita gunakan untuk alat berkomunikasi. Handphone yang kita gunakan umumnya digunakan untuk berkomunikasi, tapi tidaklah anda tau bahwa anak muda sering menyalahgunakanya, yaitu untuk melihat hal hal yang semestinya tidak patut mereka lihat apalagi sebagai pelajar. Bayangkan jika para pelajar melihat hal hal seperti itu. Sekalipun beluma ada pembuktian secra akademis, bahwa maraknya peristiwa penyimpangan seksual dan pernikahan dini saat ini adalah didorong oleh penyalahgunaan teknologi seperti situs porno dihp. RUU agar pelajar tidak diperbolehkan membawa handphone diperbincangkan dimana mana. Perilaku pelajar dewasa ini semakin menjadi menjadi tak sedikit pelajar yang ketahuan menyimpan video dan foto yang tidak senonoh di handphone. Belum lagi, handphone juga digunakan untuk tukar tukaran jawaban ujian. Sebagaimana perkembangan zaman yang modern, saya melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh handphone pada saat ini terhdap pelajar yang ada di Indonesia.
            Dampak negatifnya yaitu mengganggu perkembangan anak, dengan canggihnya fitur yang tersedia di handphone(Hp) seperti : kamera, permainan, akan menggangu siswa dalam menerima pelajaran disekolah. Tidak jarang, mereka disibukan dengan menerima panggilan, sms, misscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan hp untuk mencontek (curang) dalam ulangan, bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dsb. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.
            Efek radiasi selain sebagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunanya, pengguna hp juga berakibat buruk terhdap kesehatan, adabaiknya siswa lebih hati hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih hp, khususnya bagi pelajar anak anak. Jika memamng tidak perlu diperlukan, sebaiknya anak anak jangn dulu diberi kesempatan menggunakan hp secara permanen.
            Rawan terhadap tindak kejahatan, pelajar merupakan salah satu target utama dari salah satu sasaran para penjahat saat ini yang sangat merugikan para pelajar.
            Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa, jika tidak ada kontrol dari guru dan orangtua. Hp bisa digunakan untuk menyebarkan gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya yang sama sekali tidak layak dilihat apalagi ditiru oleh seorang pelajar, karena itu merusak generasi muda.
            Pemborosan, dengan mempunyai hp maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalo hp hanya digunakan untuk hal hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan saja.

2.Internet
            Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.
            Definisi internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.
TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
            Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya.
            Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan di dukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat “perangkap jebakan” agar supaya si pengguna Internet bayar lebih mahal sampai ber juta-juta rupiah!!, lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet (warung internet), cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus, di kantor, dan terdapat juga di toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses Internet.
            Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.
1. INTERNET SERVICE PROVIDER. Perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi di Internet. Dengan memanfaatkan jasa ISP, kamu dapat mengakses Internet dari rumah atau sekolah dengan membayar dalam jumlah tertentu.
2. MODEM. Modem adalah perangkat komunikasi data yang digunakan untuk mengubah sinyal data digital menjadi analog. Fungsi modem ini adalah untuk komunikasi dial-up yang menggunakan kabel telepon.
3. AKSES DIAL-UP. Akses dial-up adalah satu metode yang mengoneksikan komputer dengan internet melalui ISP. Untuk melakukan akses dial-up, komputer harus dilengkapi dengan perangkat modem dan tersedia jaringan telepon.
4. APLIKASI WEB BROWSER. Perangkat lunak yang dipergunakan untuk menampilkan halaman web yang tersedia di Internet melalui HTTP. Salah satu contoh web browser adalah Internet Explorer.
5. AOL. American Online adalah layanan komersial yang menyediakan browser Internetnya sendiri.
6. ARPA. Advanced Research Project Agency adalah lembaga pemerintah yang membiayai  penelitian ARPANET yang menjadi DARPA di tahun tujuh puluhan.
7. ASCII. Data yang berbentuk huruf, angka, dan tanda-tanda baca.
8. BACKBONE. Backbone adalah jalur utama (frekuensi tinggi) komunikasi di sistem jaringan komputer.
9. BANDWITH. Bandwith adalah kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer, dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz.
10. BBS. Bulletin Board System, yaitu sistem yang memungkinkan pemakainya berhubungan satu dengan yang lainnya melalui komputer, sehinnga dapat mengambil atau mengirim file atau meninggalkan pesan ke pemakainya. BBS ini sebetulnya hampir sama dengan internet.
11.  BITNET. Because It’s Time Network adalah jaringan yang bukan TCP/IP untuk melakukan hubungan dengan universitas kecil tanpa kemampuan akses ke internet.
12.  BPS. Bit Per Second adalah satuan yang dipakai untuk menunjukkan kecepatan pemindahan data antar komputer.
13. BROWSING. Browsing adalah metode untuk menjelajahi dunia internet.
14.  CLIENT-SERVER. Client-Server merupakan suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah yang menerima layanan,yang akan menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi (komputer), sedangkan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya (server atau mainframe).
15. CIX. Commercial Internet Exchange adalah konsorsium perusahaan swasta yang melayani internet.
16. CU-SEE ME. Cu-SeeMe adalah aplikasi yang memungkinkan koferensi video pada internet.
17. DOMAIN NAME. Domain name adalah bagian yang membentuk IP address pada internet.
18. DOWNLOAD. Download adalah aktifitas pengambilan data-data yang tersimpan dalam layanan di dunia internet. Data-data yang dapat diambil diantaranya dalam bentuk dokumen teks elektronik, file suara, gambar, video, dan bentuk-bentuk lainnya.
19.  EDUCOM. EDUCOM adalah konsorsium institusi oendidikan yang bersifat nonprofit yang membantu memperkenalkan akses informasi eletronik dan manajemennya ke organisasi pendidikan
20.  HTTP. Sebuah metode atau protokol untuk men-download file ke komputer. Protokol ini berbasis hypertext, sebuah format teks yang umum digunakan di Internet.
21.  HYPERLINK. Hyperlink adalah link atau sambungan ke sumber lain, biasanya digunakan dalam membangun sebuah web.
22.  HYPERTEXT. Hypertext adalah dokumen online yang terdiri atas tulisan dan gambar yang berhubungan dengan dokumen lainnya. Biasanya untuk melihat hubungan dengan dokumen lain, kita harus menekan tombol mouse pada tampilan layar
23. INTERNET. Internet adalah istilah umum yang dipakai untuk menunjukkan network tingkat dunia yang terdiri atas komputer dan layanan servis atau sekitar 30-50 juta pemakai komputer dan puluhan sistem informasi termasuk e-mail, gopher, FTP, dan World Wide Web.
24. INTERNET DEVICE. Internet device adalah alat canggih seperti komputer yang dipergunakan untuk dapat berkomunikasi atau berinteraksi melalui internet, baik untuk surfing, mengirim dan menerima e-mail, bahkan untuk berchatting, baik menggunakan teks, suara, gambar, maupun video. Misalnya notebook, handphone dan internet-TV.
25. IP ADDRESS. Alat numerik unik dari sebuah komputer di internet. IP address komputermu sama dengan nomor teleponmu sendiri dalam fungsinya.
26.  HTML. Format dokumen yang digunakan dalam world wide web. HTML merujuk pada tampilan halaman, jenis, huruf, elemen grafis, juga link hypertext ke dokumen lain di internet.
27. INTERNET SHARING PC. Sebuah komputer yang menyimpan banyak sumber daya seperti file, data, dan koneksi internet yang dapat diakses oleh komputer lain yang terhubung ke jaringan.
28. INTRANET. Intranet adalah sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakkan jarigan komputer yang ada.
29. KBIT/S (Kilobits per second). Ukuran untuk transfer data atau kecepatan modem. Kebanyakan modem komputer mendownload informasi pada kecepatan 56 Kbit/s. Digunakan untuk mengekspresikan kecepatan transfer data didalam jaringan. Satu kilobit= 1000 bit.
30. LOG IN. Log in adalah proses untuk masuk ke dalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.
31. LOG OUT. Log out adalah keluar atau menutup, sama artinya dengan sign out.
32. MAILING LIST. Mailing list adalah sebuah forum diskusi di internet dengan menggunakan e-mail. 1 pesan dari pesan seorang anggota akan diterima oleh semua anggota.
33. MULTIMEDIA. Multimedia merupakan suatu PC, sistem dokumen, dan lain-lain yang mengombinasikan teks, grafik, suara, film, atau media lain.
34. SEARCH ENGINE. Search engine adalah sebuah (fasilitas) web yang dapat mencari links dari situs lain.
35.SITUS. Situs adalah sebuah komputer yang terhubung oleh internet dan menyajikan informasi atau layanan seperti newsgroups, e-mail, atau halaman web.
.           Dampak positif dan negatif dari internet bagi pelajar SMP Negero 20 Malang :
DampakPositif  :
1. Internetsebagaimediakomunikasi :
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Mediapertukarandata :
dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Mediauntukmencariinformasi atau data :
perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi:
kemudahan untuk memperoleh informasi yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan :
Dengan kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan karena dapat di lakukan lewat internet.
DampakNegatif :
1.Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2.ViolenceandGore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka.  Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yangbersifat tabu.
3. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4.Carding
Karena sifatnya yang real time(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5.Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
Secara garis besar dampak negatif internet adalah :

·         Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
·         Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
·         Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
·         Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

3.Tarian modern atau modern dance

Jenis-jenis modern dance

            Sejalan dengan perkembangannya, tari modern di Indonesia ini dapat dikategorikan menjadi beberapa macam, antara lain adalah hip hop dance, concert dance, breakdance, R&B dance, freestyle dance, da yang terakhir ballroom dance.
            Modern dance, atau dalam Bahasa Indonesia berarti tari modern, adalah
suatu bentuk tarian yang terbentuk dan berkembang sejak dari awal abad 20. Di beberapa tempat yang belum begitu mengenal tari
modern seperti di Indonesia, ballroom dance serta concert dance juga masih
dianggap sebagai bagian dari tari modern ini. Namun apabila dilihat dari latar
belakang sejarah, tari modern ini sebenarnya dipelopori oleh penari-penari dari
Amerika Serikat, serta penari-penari di beberapa negara di Eropa Barat yang
“memberontak” terhadap ballet dance serta classical dance yang sedang booming saatitu.
            Beberapa penari yang paling terkenal dengan aksinya saat itu adalah Loie
Fuller, Isadora Duncan and Ruth St. Denis. Aksi mereka dilandasi dengan faktor
kelemahan dari ballet dan classical dance sendiri, yaitu diperlukannya
perlengkapan khusus selain musik, seperti kostum, sepatu tari, serta bahkan tata
rias yang tebal. Beberapa dari perlengkapan tersebut tidak mampu dimiliki oleh
orang-orang biasa dengan latar ekonomi yang rendah, yang juga punya
ketertarikan besar untuk menari. Oleh sebab itu ketiga penari tersebut kemudian
menciptakan suatu free dance yang kemudian dikenal dengan cikal bakal dari tari
modern. Semakin berkembangnya zaman, selera tari orang pun berubah, tarian-tarian pun juga dikembangkan menjadi lebih beragam.
Modern dance sekarang terbagi menjadi bermacam-macam  :
1.RobotDance/robottic:
            The ROBOT DANCE adalah sebuah ilusi gaya tari ± sering bingung dengan bermunculan ± yangmencoba untuk meniru sebuah menari robot atau manekin. Itu berasal oleh Charles Washington,juga dikenal sebagai ³Charles Robot´ pada akhir tahun 1960-an , dan memperoleh ketenaranlebih lanjut setelah The Jacksons melakukan tarian ketika mereka tampil Dancing Machine.
2. Blood-Elf Dance:
            Ini adalah tarian flexible atau tarian lentur.Ini merupakan Tarian Baru era jamansekarang.Banyak Anak muda mengikuti tarian ini.
3. Breakdance:
            B-boying atau yg sering disebut sebagai breakdancing, adalah gaya tarian yang berevolusisebagai bagian dari budaya hip-hop di antara Hitam dan Amerika Latin pemuda di BronxSelatan, New York City selama tahun 1970-an. menari-nari untuk kedua hip-hop dan genremusik lain yang sering remixed untuk memperpanjang istirahat musik. Satu yang praktek gayatarian ini disebut b-anak laki-laki, b-gadis, atau breaker. Meskipun ³breakdance´ adalahistilah³b-boying´ dan ³melanggar´ lebih disukai oleh sebagian besar bentuk seni yang palingmenonjol pionir dan praktisi.
            Toprocks menampilkan gerakan yang membtuhkan fleksibilitas, gaya , dan yang paling penting irama. Tarian ini biasa digunakan pada awal pertunjukkan sebagai pemanasan beberapa gaya akrobatik lain. Dowrock biasanya ditampilan dengan posisi tangan dan kaki pada lantai. Pada downrock, seorang breaker menampilkan perputaran tubuh dengan kecepatan kaki dan kontrol dengan cara mengkombinasi gerakan kaki. Kombinasi ini akan menampilkan gaya yang disebut power moves;;The windmill adalah gerakan populer daripower move.
            Power Move adalah gerakan yang membutuhkan momentum dan kekuatan fisik untuk menjalankannnya. pada power movebreaker lebih bergantung pada kekuatan tubuh bagian atas untuk menari, menggunakan tangan untuk bergerak. Power Move terdiri dari WindmillSwipe, danFlare. Beberapa gerakan meminjam dari bela diri seperti buttertfly kick.
4. MoonwalkDance:
            The Moonwalk atau backslide adalah sebuah teknik tarian yang menghadirkan ilusi penari ditarik ke belakang ketika mencoba untuk berjalan maju.Sebuah breakdancing bergerak, itu menjadi populer di seluruh dunia setelah dieksekusi Michael Jackson tarian bergerak selama kinerja ³Billie jean ³on Motown 25: Kemarin, Hari ini, Forever pada tanggal 25 Maret 1983. Inikemudian menjadi tanda tangannya bergerak, dan sekarang salah satu yang terbaik teknik tariterkenal di dunia.
5. Sexy dance
            Sexy Dance ialah tarian dimana para dancer menari dengan menonjolkan sisi ke-sexy an nya.

Modern Dance:
            Tutting adalah jenis tari dimana tubuh modern dan gerakan lengan didasarkan pada sudut matematika dan / atau geometris dan bentuk. Ini gaya tari jalanan juga dikatakan interpretatif di alam dan beberapa gerakan, terutama yang dari lengan, diambil dari hieroglif, tulisan dinding atau kuno Mesir. Gerakan yang terlibat dalam tutting dilakukan untuk meniru berbagai sudut dan bentuk dan ini dilakukan bersama dengan irama musik tertentu atau irama, membuat seluruh tarian rutin agak robot. Pada titik pandang pemirsa, maka akan tampak seperti orang yang melakukan langkah tuttingadalah menampilkan berbagai bentuk dan sudut. Beberapa bergerak dari berdecak disebut “King Tut”, yang mungkin berevolusi dari referensi tarian untuk Mesir seni dan Firaun Mesir Tutankhamun.
Dampak negatif tarian modern :
·         Berpakaian ala-ala barat
            Style fasion ABG saat ini sedang beken-bekennya. Dimana remaja putri keluar rumah dengan menggunaka tanktop dan hotpants rasanya tidak lazim di Negara Republik Indonesia yang berbudaya.
            Nilai-nilai budaya meliputi cara berpakaian dan kesopanan di Indonesia menurut kelompok kami sudah mulai tidak berfungsi lagi. Kenapa? Karena sebagian besar remaja putri di Indonesia menganggap hal tersebut sebagai hal sepele. Nyatanya tidak. Efek negatif (dampak) yang di dapat remaja putri sangatlah besar. Dengan berpakaian ketet atau minim sehingga bagian bagian tubuh yang seharusnya tidak terlihat menjadi terlihat atau membuka aurat . Karena kaum adam melihat auratnya perempuan maka timbullah rangsangan secara seksual, dan selanjutnya terjadilah perkosaan.
2.5 Alasan siswa SMP Negeri 20 Malang lebih memilih budaya asing  dibandingkan budaya lokal.
                        Alasan siswa SMP Negeri 20 Malang mengikuti budaya asing yaitu:
1.      Karena siswa SMP Negeri 20 Malang tidak ingin dikatakan “kurang gaul” oleh teman temannya.
2.      Karena siswa SMP Negeri 20 Malang ingin mengikuti perkembangan budaya asing.
Karena siswa SMP Negeri 20 Malang agar dapat lebih mudah mendapat informasi melalui budaya asing.
2.6              Perubahan perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang akibat budaya          asing.
1.      Kemajuan teknologi yang membuat siswa SMP Negeri 20 Malang menjadi malas.
            Dengan adanya kemajuan teknologi (internet), membuat remaja menjadi pemalas (membuang waktu percuma di hadapan komputer hanya untuk chatting, atau facebook-an).
2.      Tarian modern atau modern dance
   Sejalan dengan perkembangannya, tari modern di Indonesia ini dapat dikategorikan menjadi beberapa macam, antara lain adalah hip hop dance, concert dance, breakdance, R&B dance, freestyle dance, da yang terakhir ballroom dance. Modern dance, atau dalam Bahasa Indonesia berarti tari modern, adalah
suatu bentuk tarian yang terbentuk dan berkembang sejak dari awal abad 20. Di beberapa tempat yang belum begitu mengenal tari
modern seperti di Indonesia, ballroom dance serta concert dance juga masih
dianggap sebagai bagian dari tari modern ini. Namun apabila dilihat dari latar
belakang sejarah, tari modern ini sebenarnya dipelopori oleh penari-penari dari
Amerika Serikat, serta penari-penari di beberapa negara di Eropa Barat yang
“memberontak” terhadap ballet dance serta classical dance yang sedang booming saatitu.
3.      Berpakaian ala-ala barat
            Style fasion ABG saat ini sedang beken-bekennya. Dimana remaja putri keluar rumah dengan menggunaka tanktop dan hotpants rasanya tidak lazim di Negara Republik Indonesia yang berbudaya.
            Nilai-nilai budaya meliputi cara berpakaian dan kesopanan di Indonesia menurut kelompok kami sudah mulai tidak berfungsi lagi. Kenapa? Karena sebagian besar remaja putri di Indonesia menganggap hal tersebut sebagai hal sepele. Nyatanya tidak. Efek negatif (dampak) yang di dapat remaja putri sangatlah besar. Dengan berpakaian ketet atau minim sehingga bagian bagian tubuh yang seharusnya tidak terlihat menjadi terlihat atau membuka aurat . Karena kaum adam melihat auratnya perempuan maka timbullah rangsangan secara seksual, dan selanjutnya terjadilah perkosaan.
2.7              Upaya yang dilakukan untuk menyikapi dampak negatif budaya          asing.
            Sebagai penerus bangsa,kita harus bersikap kritis dan teliti terhadap hal-hal yang baru didatangkan dari luar, bagaimana kita bisa memfilter apakah hal ini bisa membawa dampak baik atau buruk bagi kita. Bersikaplah kritis terhadap sesuatu yang baru, banyak bertanya pada orang-orang yang berkompeten dibidangnya dan teliti apakah inovasi tersebut bisa sesuai dengan iklim indonesia dan pastikan tidak melanggar norma-norma yang berlaku di Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui  bersama, agama merupakan pondasi utama dalam diri yang bisa mengontrol diri kita kepada hawa nafsu yang akan membawa kita ke jurang kenistaan.Agama sangat penting bagi kelangsungan hidup remaja sekarang untuk menjadi yang lebih baik di masa mendatang. Orang tua harus menanamkan norma agama secara keras dan sifatnya memaksa kepada anak-anakanya. Karena bagaimanapun norma ini adalah norma yang paling utama, dan hanya dengan agama serta keimananlah seseorang dapat terhindar dari serangan marabahaya yang akan membahayakan. Hanya agama yang sanggup menepis godaan-goadaan yang akan membahayakan hidup anak-anak mereka kelak, sehingga agama harus diajarkan dari sejak dini.
            Solusi yang dapat dilakukan terhadap budaya asing yang masuk di      kalangan siswa SMP Negeri 20 Malang. Budaya barat atau budaya asing saat ini berkembang pesat di Indonesia,baik yang bersifat positif dan negatif sangat mudah diterima masyarakat, khususnya generasi muda atau remaja. Para orang tua sangat khawatir atas perkembangan pergaulan remaja saat ini. Oleh karena itu, sebagai generasi muda yang baik kita hendaknya tidak mengikuti budaya barat yang berdampak negatif. Remaja yang tidak mengikuti perkembangan yang terjadi akan dianggap kuper atau tidak modern, tetapi remaja sekalian jangan takut karena tidak semua perkembangan yang ada berdampak baik.Berikut ini beberapa solusi atau cara mengatasi pengaruh budaya barat atau budaya asing yang bersifat negatif :
1)      Remaja seharusnya dapat memilah dan menyaring perkembangan budaya saat ini, jangan menganggap semua pengaruh yang berkembang saat ini semuanya baik, karena belum pasti budaya barat tersebut diterima dan dianggap baik oleh budaya timur kita.
2)      Para orang tua sebaiknya lebih mendekatkan diri kepada anaknya,dan berusaha menjadi teman untu anaknya sehingga dapat memberikan saran kepada anak dan anak pasti akan merasa lebih dekat kepada orang tuanya dan kan mengingat saran dari orang tuanya tersebut.
3)      Pemeritah lebih tegas terhadap peraturan, khususnya penyimpangan perilaku akibat pengaruh budaya asing.
4)      Masyarkat hendaknya membantu pemerintah, dalam menaggulangi perkembangan budaya barat atau budaya asing yang bersifat negatif.

2.8  Contoh perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang yang cenderung meniru budaya asing
1.      berpakaian kurang sopan
berpakaian yang membuka aurat serasa sudah menjadi kebiasaan yang sudah melekat erat didalam masyarakat kita. Sehingga melupakan pakaian yang seharusnya dipakai oleh bangsa Indonesia
2.      cara bergaul mereka yang terlalu bebas
di adopsi remaja kita menyebabkan banyak sekali penyimpangan norma di Indonesia. 
3.      jenis-jenis makanan yang dikonsumsi.
 Masyarakat sekarang lebih memilih makanan-makanan yang berasal dari luar seperti KFC, steak, burger, dan lain-lain. Masyarakat menganggap makanan tersebut hieginis, modern, dan praktis. 
4.      Penampilan siswa yang meniru budaya asing
Gaya rambut yang meniru artis artis dari luar karena dianggap lebih menarik dan tidak ketinggalan zaman
2.9  Hasil analisis angket tentang pengaruh budaya asing terhadap perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang.
Dari Hasil angket yang telah disebar, penyusun dapat mendeskripsikan setiap nomor dari hasil yang diperoleh, sebagai berikut :

Dari Hasil angket yang telah disebar, penyusun dapat mendeskripsikan setiap nomor dari hasil yang diperoleh, sebagai berikut :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar